Islah Hidupmu

Dengan Ilmu Agama, hidupmu menjadi Lebih Terarah. Dengan Ilmu Pengetahuan, hidupmu menjadi Lebih Mudah. Dengan Seni (arts), hidupmu menjadi lebih Indah. Dengan Skill ( keahlian), hidupmu menjadi lebih Manfaat. Dengan Usaha , hidup menjadi Lebih Tertata. Dengan Doa, hidupmu menjadi Lebih Yaqin. Dengan Dzikir, hidupmu menjadi lebih Tenang. Dengan Amal, hidupmu menjadi Lebih Terjaga. Dengan Ibadah, hidupmu menjadi Lebih Bahagia. Dengan Budi Pekerti, hidupmu menjadi Lebih Mulia.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rabu, 14 September 2011

KHOTIR ( Lintasan Hati ) 1

Khotir adalah lintasan atau gerakan hati. Dalam bahasa jawa disebut KRETEG, dalam bahasa yang paling mudah disebut dengan Kata/Bisikan yang berada pada Hati (qolbi). Jumlahnya ada 4, yaitu :
1. Khotir Nafsu.
2. Khotir Syetan
3. Khotir Malaikat
4. Khotir Tuhan (petunjuk)
Artinya yang selama ini, orang mengatakan ikuti kata hati, kenyataannya sumber asalnya ada empat (4) dan bagaimana membedakannya. Apakah yang terlintas pada hati kita, bukan khotir nafsu atau syetan kah...!
Untuk itu seyogyanyalah bagi orang-orang yang lebih ingin mendekat kepada Allah Ta'ala, memahami tentang hal ini. Kemudian dibutuhkan keilmuan tertentu untuk mencapai pemahaman total.
    Kajian yang ada diblogspot ini, sekedar menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal Kerohanian, agar kiranya kita semua lebih banyak tahu tentang Mengenal Diri dalam segmen yang lain.Dimana banyak bahasan yang selalu menjabarkan hal ihwal Ketuhanan, tapi sangat sedikit yang memberikan informasi masalah Diri Manusia yang serba penuh rahasia.
   Dikesempatan ini, bulan syawal. Alhamdulillah, Allah mengijinkan dan memberi waktu, hamba, untuk menuliskan kata dan kalimat ILMU yang insya Allah bisa bermanfaat bagi umat Islam secara umum dan bagi orang-orang yang mencari kebahagiaan dunia & akhirat pada khususnya.
 
KHOTIR NAFSU adalah lintasan dan gerakan Hati yang bersumber atau dikendalikan oleh Nafsu. Untuk mengenalnya sangat mudah. Ketahuilah nafsu selalu mengajak pada hal-hal kenikmatan dunia. Apakah nikmat Dunia itu....? Tiada lain adalah Harta, Wanita (lawan jenis), Keluarga, Tahta dan Kesehatan. Prioritas utama yang disenangi nafsu adalah harta & wanita. lihat pada dirimu, menjadi ringan jika kita bekerja dengan iming-iming Uang yang banyak atau apapun kita lakukan demi seorang wanita yang kita cintai. Tapi bayangkan dengan Ibadah contohnya sholat, kalau dipikir ringan nggak sampai 5 menit, mengapa terasa berat melakukannya....!
   Ini adalah sebagian kecil contoh agar kita semua lebih mudah memahami dan mengenal Nafsu.
( ada baiknya akan kami kupas dengan tulisan tersendiri tentang NAFSU bukan pada bab ini, karena bab ini tentang Khotir )
Jadi Khotir Nafsu ini selalu membisikan pada jiwa manusia tentang urusan-urasan duniawi, terutama kemaksiyatan dhohir maupun batin. Bisa juga nafsu ini bermanuver dengan ibadah ataupun amaliah kita (alias menunggangi kebaikan ), karena apa..?  karena bertambahnya ilmu atau ekonomi kita tanpa dibarengi dengan bertambahnya iman.
   Sebagai cermin dalam melangkah, agar lebih mudah memahami masalah ini. Lihat dan dengar kata hatimu sedalam-dalamnya. Lintasan Nafsu selalu membisikan sesuatu yang indah dan enak untuk kita lakukan. Tapi jika itu Khotir kebaikan yang berada di hati, tubuh/jasmani terasa berat untu melakukannya. Renungkan dengan benar-benar.

Tidak ada komentar: