Islah Hidupmu

Isilah HIDUP mu........ 1. Dengan Ilmu Agama, hidupmu menjadi Lebih Terarah. 2. Dengan Ilmu Pengetahuan, hidupmu menjadi Lebih Mudah. 3. Dengan Seni (arts), hidupmu menjadi Lebih Indah. 4. Dengan Skill ( keahlian), hidupmu menjadi Lebih Manfaat. 5. Dengan Usaha , hidup menjadi Lebih Tertata. 6. Dengan Doa, hidupmu menjadi Lebih Yaqin. 7. Dengan Dzikir, hidupmu menjadi Lebih Tenang. 8. Dengan Amal, hidupmu menjadi Lebih Terjaga. 9. Dengan Ibadah, hidupmu menjadi Lebih Bahagia. 10. Dengan Budi Pekerti, hidupmu menjadi Lebih Mulia. Gus Is Sang Inovator (GISI)

Minggu, 16 Januari 2011

>Iman butuh diuji

IMAN

Iman butuh diuji
S. Al Ankabut : 2
|=Å¡ymr& â¨$¨Z9$# br& (#þqä.uŽøIムbr& (#þqä9qà)tƒ $¨YtB#uä öNèdur Ÿw tbqãZtFøÿムÇËÈ
2.  Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami Telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
3.  Dan Sesungguhnya kami Telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya dia mengetahui orang-orang yang dusta.
4.  Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) Kami? Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu.
5.  Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, Maka Sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. dan dialah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.


Ciri –ciri Mukmin sejati (sempurna imannya)
S. Al Anfal : 2-4
$yJ¯RÎ) šcqãZÏB÷sßJø9$# tûïÏ%©!$# #sŒÎ) tÏ.èŒ ª!$# ôMn=Å_ur öNåkæ5qè=è% #sŒÎ)ur ôMuÎ=è? öNÍköŽn=tã ¼çmçG»tƒ#uä öNåkøEyŠ#y $YZ»yJƒÎ) 4n?tãur óOÎgÎn/u tbqè=©.uqtGtƒ ÇËÈ šúïÏ%©!$# šcqßJÉ)ムno4qn=¢Á9$# $£JÏBur öNßg»uZø%yu tbqà)ÏÿZムÇÌÈ y7Í´¯»s9'ré& ãNèd tbqãZÏB÷sßJø9$# $y)ym 4 öNçl°; ìM»y_uyŠ yYÏã óOÎgÎn/u ×otÏÿøótBur ×-øÍur ÒOƒÌŸ2 ÇÍÈ

2.  Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan Hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
3.  (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang kami berikan kepada mereka.
4.  Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia.

[594]  Maksudnya: orang yang Sempurna imannya.
[595]  dimaksud dengan disebut nama Allah ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakannya.


Makna “ innama” arti khusus bukan untuk orang-orang beriman, tetapi diperuntukan untuk orang-orang yang benar-benar beriman, yaitu bergetar hatinya dan bertambah imannya ketika dibacakan ayat-ayat-Nya.
Dan kata-kata “ wajilat quluubuhum”  bergetar/takut menurut tingkatannya ada dua macam, yaitu :
  1. Takut akan siksa, ketika akan bermaksiyat.
  2. Takut akan kehebatan dan Keagungan Allah, itulah takutnya para Waliyullah

Bertambahnya Iman “Zaadat-hum iimaanan”

            Ulama’ mengatakan : Iman itu dapat meningkat dengan taat beribadah dan dapat menurun akibat maksiyat, hal ini menunjukkan bahwa amal termasuk kedalamnya.
Sebagian Ulama mengatakan peningkatan iman juga ada dua bentuk :
  1. Umumnya para ahli Ilmu, berkat banyaknya dalil/bukti-bukti kuat. Maka lenyaplah keraguan dan timbulah keyakinan membaca, lalu terjadilah makrifat kepada Allah.
  2. Membenarkan setiap firman Allah yang dkumnadangkan atas mereka, walaupun setiap terjadi pembaharuan taklif, mereka tetapmembenarkannya.

-         Banyak dalil/bukti-bukti dengan membaca ayat-ayat Allah dikatakan Iman Istidalil.
-         Dengan banyak ibadah, mengingat & mengenal Allah disebut Iman I’tiqodi.
-         Membenarkan semua firman Allah tanpa keraguan sama sekali disebut Iman Kasfi
-          

Dengan demikian IMAN akan meningkat dengan bertambahnya ILMU , AMAL & IBADAH

Sesungguhnya Takaran Iman adalah tetap pada setiap muslim. Terjadinya Tingakatan Iman, berbarengan dengan meningkatnya kadar amal & ibadahnya.

Tidak ada komentar: